Skenario Pembelajaan Bahasa Indonesia Menarik

Nama : Ezra Ruben Subagya
NPM : 1510631080048

SSE Games ( Sentence Stock Exchange ) sebagai teknik dalam proses belajar mengajar mengenai praktik membuat paragraf deduktif, induktif, dan campuran pada siswa kelas X SMA
Teori belajar yang saya terapkan adalah Teori Kontruksivisme. Yaitu teori yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, dimana materi berasal dari siswa dan guru hanya berperan sebagai fasilitator.
Selanjutnya mengenai SSE Games yang saya ciptakan merupakan salah satu di antara sekian banyaknya permainan yang diaplikasikan oleh guru bersama-sama dengan siswa yang memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan semangat belajar dan daya tarik siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, khususnya pada pembelajaran mengenai praktik membuat paragraf deduktif,  induktif dan campuran.
SSE sebagaimana pe ngertiannya dalam bahasa Indonesia yaitu pertukaran kalimat atau paragraf. SSE Games merupakan permainan yang saya konstruksi untuk meningkatkan sisi kooperatif siswa untuk mampu bekerja sama dalam membuat paragraf deduktif,  induktif dan campuran, berikut diharapkan siswa mampu menumbuhkan rasa kasih sayang dan solidaritas antar teman. Di dalam SSE Games ini, akan disediakan potongan-potongan kalimat yang diambil dari sebuah paragraf deduktif, induktif, dan campuran lalu dimasukkan kedalam wadah yang menjadi media guru dalam proses pembelajaran
Di bawah ini merupakan tahapan pembelajaran atau langkah-langkah proses belajar mengajar dengan menerapkan permainan “ SSE Games”:
Identitas
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Bandung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/I
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
Kegiatan
A. Awal
1. Perkenalan
2. salam sapa dan berdoa
3. Mengulas materi yang akan dibahas yaitu mengenai pengertian dan ciri-ciri paragraf deduktif, induktif, dan campuran.
4. Guru membentuk tiga kelompok besar. Di dalam kelas yang terdiri atas 34 siswa, maka di dalam satu kelompoknya terdapat 11-12 siswa.
B. Inti
1. Setiap kelompok akan disediakan 1 wadah yang berisi potongan potongan kalimat sebuah paragraf. Di tiap kelompoknya, akan diberikan dua tugas. Pertama, siswa bekerja sama menyusun kalimat yang tersedia hingga menjadi sebuah susunan paragraf yang utuh. Kedua, ada seorang siswa dari setiap perwakilan kelompok untuk maju kedepan menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
2. Waktu yang diberikan tidak lebih dari 10 menit. Jadi, setiap kelompok harus membuat semua potongan kalimat yang diberikan oleh guru menjadi satu paragraf yang utuh.
3. Kelompok yang berhasil membuat susunan paragraf melalui potongan kalimat yang diberikan oleh guru dengan cepat maka berpeluang menjadi pemenang. Namun selain aspek kecepatan ada juga aspek kekompakkan dan ketepatan atau pun kesesuaian dalam menyusun atau membuat paragraf yang didapat dari potongan kalimat itu.
4. Bagi kelompok yang menang berhak mendapatkan reward dari guru. Sedangkan kelompok yang kalah diberikan suatu hukuman yang tidak berupa kekerasan melainkan hal yang mengasikkan seperti menyanyi didepan kelas.
C. Akhir
1.Peserta didik saling mengevaluasi hasil diskusi bersama teman-temannya.
2. Siswa menyimpulkan hasil materi yang telah dibahas.
3. Selanjutnya guru memberi penegasan sebagai penyempurna dari kesimpulan siswa.
4. Guru menugaskan siswa membuat paragraf deduktif, induktif, dan campuran lalu dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

Semoga bermanfaat 😊

Comments

Popular posts from this blog

QUARTER LIFE CRISIS

Anak Rantau "Wabah dan Kerinduan"

Cintalaksana 1